get app
inews
Aa
Read Next : 5 Alasan Mendaki Gunung Sumbing Melalui Jalur Banaran Temanggung

Bupati Janjikan Semua Tembakau Temanggung Akan Diserap Pabrik Rokok

Senin, 05 September 2022 | 11:23 WIB
header img

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.idBupati Temanggung Muhammad Al Khadziq mengatakan pabrik rokok telah menentukan kuota pembelian tembakau rajangan kering di Temanggung.

Ia menghimbau kepada Petani tembakau untuk tidak perlu khawatir akan serapan tembakau oleh pabrikan, sebab kuota pembelian dari pabrikan masih di atas hasil produksi.

Dia mengatakan pihaknya sudah menemui pimpinan PT Gudang Garam dan PT Jarum untuk menanyakan kuota pembelian dan menyampaikan harapan dari petani agan menyerap tembakau dengan harga yang menguntungkan.

PT Gudang Garam merencanakan pembelian sekitar 15 ribu ton dan PT Djarum sekitar 4 ribu ton.

"Jika dibandingkan antara kuota dan hasil panen maka tidak perlu dikhawatirkan, sebab produksi tembakau diperkirakan 12 ribu ton," kata Al Khadziq, beberapa waktu lalu.

Dia menyampaikan diperkirakan produksi tembakau tahun 2022 ini ada penurunan dibanding tahun lalu akibat perubahan iklim. Tahun ini produksi tembakau sekitar 12 ribu ton.

Berdasar pengalaman yang sudah-sudah, kata dia, pabrik rokok setiap tahun menyerap lebih dari 25.000 ton. Maka itu tembakau Temanggung pasti terserap karena kebutuhan industri jauh melebihi kapasitas produksi.

"Jadi semua pasti terserap karena kebutuhan industri jauh melebihi kapasitas produksi di Temanggung," ujar dia.

Dia mengingatkan masyarakat Temanggung untuk menjaga kualitas tembakau yang selama ini dikenal sebagai tembakau berkualitas tinggi. Kualitas yang terjaga diharapkan kepercayaan pabrik dapat meningkat.

"Saya minta seluruh masyarakat bekerja bersama-sama menjaga kualitas tembakau Temanggung sejak kualitas bibit sampai kualitas pengolahannya," katanya.

Khadziq mengimbau tembakau Temanggung jangan dicampur dengan tembakau dari luar daerah karena hal itu akan menurunkan kualitas tembakau Temanggung.

"Kalau kualitasnya turun dikhawatirkan kepercayaan nanti juga akan turun kepada tembakau Temanggung," katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto mengatakan telah ada kuota pembelian dari pabrik rokok.

"Di Temanggung telah semua wilayah memasuki masa panen tembakau," kata dia.

Ia menyebutkan secara luas Temanggung tahun ini mempunyai lahan tembakau sekitar 16.300 hektare atau turun dari tahun lalu seluas 18.600 hektare.

"Insyaallah terserap semua, karena pembelian tembakau oleh pabrik rokok bisa mencapai 25.000 hingga 30.000 ton. Sebenarnya tembakau itu setiap tahun terserap, hanya perlu kesabaran untuk menunggunya karena salah satu pabrik rokok bahkan melakukan pembelian sampai Desember," katanya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut