Logo Network
Network

Kasus ASN yang Dibakar di Semarang Menemukan Titik Terang, 3 Anggota TNI Diperiksa

M Wali
.
Kamis, 13 Oktober 2022 | 14:41 WIB
Kasus ASN yang Dibakar di Semarang Menemukan Titik Terang, 3 Anggota TNI Diperiksa
3 anggota TNI diperiksa terkait soal pembunuhan ASN di Semarang. Foto: Inews/iNewsTemanggung.id

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Kasus anggota ASN Bapenda Kota Semarang dimutilasi dan mayatnya dibakar satu persatu akhirnya terungkap, dalam hal ini Tiga anggota TNI diperiksa. 

Korban Iwan Budi Paulus sebelumnya diperiksa sebagai saksi di Polda Jateng dalam kasus dugaan korupsi sertifikasi lahan Pemkot Semarang. Ia sempat hilang selama 14 hari yang akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas terbakar bersama sepeda motornya.  

Dalam pemeriksaan ini, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membenarkan bahwa tiga anggotanya diperiksa. Ia masih terus memantau pemeriksaan terhadap tiga anggotanya diduga terkait kasus pembunuhan ASN Pemkot Semarang, Iwan Budi Paulus. Ketiga prajurit masih menjalani pemeriksaan di Kodam IV Diponegoro.

“Pemeriksaan itu langsung saya kontrol per minggunya, ditangani oleh Kodam. Tetapi laporan terus kepada saya setiap minggunya,” kata Jenderal Andika saat menghadiri wisuda kedokteran anaknya di Kampus UGM, Rabu (12/10/2022).

Andika mengatakan, ada tiga anggotanya yang kini menjalani pemeriksaan. Untuk inisial, Jenderal Andika mengaku tidak hafal namun ia memastikan untuk institusinya ada salah satu dari Polisi Militer. "Kami memeriksa tiga, ada dari polisi militer," sebutnya.

Andika menambahkan ketiga anggota TNI ini mulai menjalani pemeriksaan dua hari setelah ditemukannya jasad Iwan Budi Prasetyo pada 8 September. Pemeriksaan ketiganya berdasarkan hasil penyidikan

Jenderal bintang empat itu menegaskan jika tiga anggota tersebut sejauh ini masih berstatus saksi. Pemeriksaan belum sampai kepada kesimpulan pada dugaan keterlibatan ketiganya dalam kasus ini.

“Kita belum menyimpulkan ke situ, tetapi kita sebut person of interest, atau mereka-mereka yang kami ingin dalami," ujar Andika.

Seperti diberitakan, jenazah Iwan Budi ditemukan di kawasan Pantai Marina Kota Semarang pada 8 September 2022. Saat ditemukan, jasad tinggal tulang dan tanpa kepala.

ASN Bapenda Kota Semarang itu sempat dinyatakan hilang pada 24 Agustus sebelum diperiksa polisi sebagai saksi kasus dugaan korupsi.

Polisi masih menyelidiki kasus dugaan korupsi tersebut. Namun, polisi juga terus mendalami motif lain yang memicu pembunuhan sadis terhadap Iwan yang jasadnya ditemukan hangus terbakar di Pantai Marina Semarang pada 8 September 2022.

Artikel ini telah diterbitkan di iNewsSemarang.id dengan judul 3 Anggota TNI Diperiksa Kodam IV/Diponegoro Terkait Kasus Pembunuhan ASN Pemkot Semarang.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.