get app
inews
Aa Read Next : Panen Raya Tembakau di Temanggung, Harga Rata-Rata Ditaksir Rp70.000-Rp80.000

Jaga Ekosistem, Tembakau Mulai Di Tanam Petani Sumbing

Minggu, 21 Mei 2023 | 07:29 WIB
header img
Petani Tembakau Temanggung mulai menanam Tembakau. Foto: hms/iNewsTemanggung

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Menjelang musim kemarau, para petani di lereng Gunung Sumbing mulai menanam tembakau. Salah satunya nampak dari kegiatan menanam bersama yang dilakukan oleh Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) di Dusun Butuh, Desa Tanggulanom, Kecamatan Selopampang pada hari Sabtu (20/05/2023). Tanaman tembakau tumbuh dengan baik dan harga jualnya baik merupakan harapan petani.

APTI menjadi sebuah asosiasi dengan tujuan utama adalah untuk mensejahterakan para petani tembakau di Temanggung. Mengingat, tanaman tembakau merupakan emas hijau yang mampu menopang perekonomian masyarakat.

Dalam penanaman tersebut, turut hadir Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, Koordinator Tanaman Semusim Direktorat Perkebunan Kementan RI Ronald Evan Zigler, Sekjen APTI Hananto Wibisono, Ketua APTI Temanggung Siyamin, Wakil Ketua DPRD Tunggul Purnomo dan lain-lain. 

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo berharap agar musim tembakau tahun 2023 bisa berjalan dengan baik, tanaman bisa tumbuh dengan baik, sehingga nanti menghasilkan panen daun tembakau yang baik pula.

"Kalau kita lihat kondisi cuaca iklim juga sangat mendukung, curah hujan sudah mulai agak berkurang, sehingga tanaman tembakaunya bisa bagus, kualitasnya juga bagus. InsyaAllah ini menjadi harapan kita semuanya. Kalau petani tembakau makmur, sejahtera, InsyaAllah efeknya juga ke bidang-bidang atau sektor yang lainnya," paparnya.

Koordinator Tanaman Semusim Direktorat Perkebunan Kementan RI Ronald Evan Zigler mengungkapkan harapannya agar produksi tembakau pada 2023 tersebut lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. 

"Hari ini kita melakukan tanam tembakau bersama, tentunya kita harapkan tahun ini produksi tembakau, khususnya di Kabupaten Temanggung bisa lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Ronald. 

Ronald Zigler menegaskan bahwa pihaknya akan mendukung petani ditengah banyaknya berbagai isu terkait budidaya tembakau. Selain itu ia mengungkapkan bahwa Kementerian Pertanian (Kementan) akan mendukung melalui berbagai program yang ada untuk keberlanjutan petani tembakau. 

"Terkait budidaya dan ekosistem pertembakauan saat ini yang diterpa banyak isu, tentunya kami dari Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan akan mendukung petani tembakau. Beberapa program dari kami tentunya semua akan mendukung bagaimana ekosistem pertembakauan bisa berjalan dengan baik. Baik itu dari sisi perlindungan petaninya, maupun dari kesejahteraan petaninya," pungkasnya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut