get app
inews
Aa
Read Next : Gunung Merapi Luapkan Awan Panas, Magelang Dilanda Hujan Abu

Libur Natal, Arus Lalu Lintas Pecah Rekor di Jawa Tengah, Kendaraan Capai Puluhan Ribu

Minggu, 24 Desember 2023 | 21:21 WIB
header img
Tol Kalikangkung Semarang. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

SEMARANG, iNewsTemanggung.id - Mendekati liburan Natal, terjadi peningkatan arus lalu lintas kendaraan yang memasuki Jawa Tengah.

Jalan-jalan dan sejumlah titik jalan tol dipadati ribuan kendaraan yang bergerak lambat.

Menurut data dari Polda Jawa Tengah, kendaraan yang keluar masuk melalui gerbang tol Kalikangkung hingga Sabtu (23/12/2023) pukul 23.59 WIB didominasi oleh yang menuju arah Semarang - Solo.

Selama periode tersebut, tercatat bahwa jumlah kendaraan yang memasuki Pintu Tol Kalikangkung (arah Jakarta) mencapai 25.875 kendaraan.

Sementara itu, kendaraan yang meninggalkan tol tersebut (menuju arah Semarang - Solo) mencapai 51.567 kendaraan.

Peningkatan kepadatan lalu lintas terjadi antara pukul 08.00 hingga 22.00 WIB, dengan catatan bahwa arus kendaraan yang masuk melalui Pintu Tol Kalikangkung melebihi 1.100 kendaraan per jam, sementara kendaraan yang keluar mencapai lebih dari 2.000 kendaraan per jam.

"Adapun puncak arus terjadi pada tanggal 23 Desember pukul 15.00 -16.00 WIB. Pada periode tersebut volume kendaraan yang masuk mencapai 1.573 kendaraan, sedangkan kendaraan keluar mencapai 3.068 kendaraan," kata Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, Minggu (24/12/2023).

"Misalnya di Semarang, tim urai telah disebar ke daerah yang rawan kepadatan lalu lintas seperti Bawen dan arah Demak. Sedang di kawasan tol, tim urai disebar di empat titik antara lain di kawasan tol area Kalikangkung, Manyaran, Jatingaleh dan Banyumanik," tambahnya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut