get app
inews
Aa Read Next : MK Panggil 4 Menteri dan DKPP di Sidang Sengketa Pilpres Jum'at Besok

Sebagai Kader PDIP, Ganjar Pranowo Blak-blakan Siap Jadi Calon Presiden di Pilpres 2024

Rabu, 19 Oktober 2022 | 14:55 WIB
header img
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

JAKARTA, iNewsTemanggung.id - Ganjar Pranowo bicara blak-blakan bahwa dirinya siap untuk menjadi calon presiden di Pilpres 2024 mendatang. 

Sebagai kader PDI Perjuangan, dia tentu menghormati apa keputusan partai. Namun, ada realitas sosial yang tak boleh diabaikan.

"Maka kalau bicara dalam kondisi dua realitas yang ada itu, maka sebenernya kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," kata Gubernur Jawa Tengah tersebut dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).

Menurutnya, sebagai kader partai politik sudah seharusnya siap menjadi calon presiden. Apalagi, saat ini partai politik mencari tokoh terbaik untuk diusung di Pemilu 2024.

"Ketika partai kemudian sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik menurut saya semua orang mesti siap akan hal itu," katanya.

Ganjar menekankan bahwa etika berpolitik sebagai kader partai tetap dihormati. Dia pun menghormati bahwa proses penjaringan capres dan cawapres dinpartainya.

Tapi, di sisi lain, dia juga menghormati realitas survei calon presiden yang sering kali menempatkan elektabilitas Ganjar di tiga besar. 

"Maka kenapa di awal sebagai etik politik tentu saja kami sangat menghormati satu PDI Perjuangan sebagai partai saya, dua relasi yang dibangun oleh partai-partai yang sekarang sedang berbincang dan yang kedua tentu terkait dengan realitas yang ada di survei dan kemudian semua orang memperbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan," ujarnya.

Maka itu, Ganjar memberikan kesempatan bagi partai politik untuk saling berkomunikasi menentukan calon presiden dan calon wakil presiden. Dia meyakini keputusan partai politik mengambil tokoh yang terbaik.

"Realitas survei yang memang itu ada. Maka biarkanlah kita kasih kesempatan kepada partai yang menentukan untuk mereka berdialog, mereka berkomunikasi, untuk mengambil yang terbaik. Simpel kan," ujarnya.

Artikel ini telah diterbitkan oleh iNews.jateng.id dengan judul Ganjar Pranowo : Sebagai Kader Partai Politik Harus Siap Menjadi Calon Presiden

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut