get app
inews
Aa Read Next : Jadwal dan Tahapan Pilkada Serentak 2024, Pendaftaran Calon Bulan Agustus

MK Panggil 4 Menteri dan DKPP di Sidang Sengketa Pilpres Jum'at Besok

Senin, 01 April 2024 | 16:20 WIB
header img
Menteri Sri Mulyani hingga Airlangga Hartanto bakal dipanggil di sidang MK pada 5 April besok. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

JAKARTA, iNewsTemanggung.id - Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan untuk memanggil empat orang menteri Kabinet Indonesia Maju untuk memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2024 pada Jumat (5/4/2024).

Keempat menteri yang dipanggil tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

"Jumat akan dicadangkan untuk pemanggilan pihak-pihak yang dipandang perlu oleh Mahkamah Konstitusi berdasarkan hasil rapat Yang Mulia Para Hakim tadi pagi," kata Ketua MK Suhartoyo, Senin (1/4/2024)

Satu pihak lain yang akan dipanggil MK pada hari itu adalah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

Suhartoyo menegaskan bahwa pemanggilan tersebut tidak berarti bahwa MK sedang mengakomodir permintaan dari capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD selaku pemohon.

Mereka sebelumnya meminta agar sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dipanggil oleh Mahkamah.

Dalam sidang sengketa seperti ini, Suhartoyo menyatakan bahwa MK tidak bersifat berpihak dengan mengakomodir keinginan salah satu pihak yang terlibat dalam sengketa.

"Jadi semata-mata untuk mengakomodir kepentingan para hakim. Jadi dengan bahasa sederhana, permohonan para pemohon sebenarnya kami tolak, tapi kami mengambil sikap tersendiri karena jabatan hakim, pihak-pihak ini dipandang penting untuk didengar di persidangan yang mudah-mudahan bisa didengar di hari Jumat (5/4/2024)," jelas Suhartoyo

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut