get app
inews
Aa Read Next : Sekarang Mahasiswa Lulus S1 Tak Wajib Skripsi, Begini Penjelasan Mendikbudristek Nadiem Makarim

Kisah Perjuangan Mahasiswi UNY Kesulitan Bayar UKT, hingga Akhirnya Meninggal Karena Sakit

Jum'at, 13 Januari 2023 | 18:05 WIB
header img
Perjuangan Nur Riska Fitri Aningsih, mahasiswi UNY yang tak mampu membayar uang kuliah tunggal (UKT) berakhir sudah. Kisahnya viral di media sosial. FotoTangkapan Layar/iNewsTemanggung.id

Peristiwa ini tentu membuka mata berbagai pihak jika UKT ternyata menjadi kendala mahasiswa. Bahkan berdasarkan survei internal komunitas kampus @unybergerak, dari seribuan mahasiswa yang mengisi angket tercatat 97 persen merasa UKT mereka tidak sesuai kemampuan ekonominya.

Sementara Rektor UNY, Sumaryanto mengaku prihatin akan kabar Riska yang kesulitan membayar UKT yang akhirnya meninggal dunia. Dengan adanya kasus Riska, Sumaryanto akan segera menindaklanjuti permasalahan itu.

"Tentu kami tidak ingin menimpa mahasiswa lain yang kesulitan secara ekonomi," katanya.

Sunaryanta menambahkan sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi persoalan UKT tersebut. Mahasiswa bisa mengajukan keringanan UKT, di antaranya berkirim surat langsung kepada rektor.

"Kalau bukan UNY yang membantu, saya secara pribadi yang akan membantu. Kami tidak ingin keluarga besar UNY sampai tidak selesai studinya hanya karena masalah uang, bisa ajukan surat ke rektor," ujarnya.

 

Editor : M Wali

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut