get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Syawal Sungkem Tlompak: Menyatu dengan Alam, Manusia, dan Tuhan dalam Kehidupan

Petani di Magelang Temukan Benda Pripih Candi saat Mencangkul, Sempat Dikira Asbak

Jum'at, 27 Januari 2023 | 07:00 WIB
header img
Warga menemukan pripih candi saat mencangkul di lahan. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

Di lokasi penemuan benda tersebut terdapat yoni yang posisinya miring. Lokasi penemuan di dekat persawahan, sedangkan lokasi penemuan pripih tersebut akan ditanami ketela.

Dalam kesempatan yang sama, Penggiat Budaya, Ditjen Kebudayaan, Kemendikbud, Ahmad Adri Muzaka mengatakan, sekitar dua minggu yang lalu mendapat laporan di daerah Cetokan, Secang ditemukan sebuah batu, tapi belum tahu batu apa.

"Temuan itu sempat diupload di Facebook, terus saya menghubungi minta untuk disimpan. Terus hari ini akhirnya saya cek di lokasi memang benar ditemukan berupa pripih, struktur. Mungkin bisa candi atau struktur yang lainnya karena penemuan ini lokasinya berdekatan dengan yoni," ujar Adri di lokasi penemuan.

Atas temuan tersebut, kata Adri, telah disampaikan agar dirawat terlebih dahulu sambil menunggu tindak lanjut baik dari Dikbud Kabupaten atau dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah X.

"Untuk temuan ini sudah saya laporkan melalui WhatSapp ke BPK wilayah X dan nanti akan saya tindaklanjuti melalui surat juga ke BPK agar ditindaklanjuti," tuturnya.

Adri menambahkan, yoni tersebut diduga pada zaman Hindu, termasuk peripihnya. Kemudian di kawasan Desa Candiretno juga banyak benda-benda cagar budaya.

"Seperti yoni saja ada empat, ada nandi juga, bahkan ada bangunan candi (dari bata) di Desa Candiretno," pungkasnya.

 

Editor : M Wali

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut