get app
inews
Aa Read Next : Peringatan Harlah ke-74 Fatayat NU Temanggung, ini Harapan Pj Bupati

Bawaslu Temanggung Ajak Seluruh Elemen Masyarakat untuk Kawal Hak Pilih

Jum'at, 17 Maret 2023 | 15:05 WIB
header img
Bawaslu Kabupaten Temanggung gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan tema "Partisipasi Masyarakat Kawal Hak Pilih". Foto: Hms/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Bawaslu Kabupaten Temanggung menggandeng organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan untuk mengoordinasikan pemantauan Pilkada 2024, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan bertajuk “Partisipasi Masyarakat Jaga Hak Pilih” dalam rangka penguatan kerjasama pengawasan partisipatif, serta melakukan kajian hukum, sosial, politik dan elektoral.

Ketua Bawaslu Temanggung Erwin Nurachmani menyampaikan pentingnya kerjasama ini dalam menyongsong Pemilu 2024.

“Perlu bagi kami mengajak seluruh elemen masyarakat di Temanggung untuk ikut mengawasi jalannya Pemilu 2024,” katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan pemilu 2024 menjadi tanggung jawab Boasloo. Pengawasan pemilu dilakukan dalam rangka menjamin terselenggaranya pemilu yang demokratis, langsung, bebas, rahasia, jujur, adil, dan berkualitas.

Sebagai salah satu simbol pengawasan partisipatif, kata Irwin, peran masyarakat dan organisasi masyarakat sipil merupakan salah satu aplikasi penting pelaksanaan pengawasan pemilu dengan melibatkan seluruh elemen yang hadir.

“Jika masyarakat juga berperan aktif, maka Pemilu yang berasaskan demokratis, langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil, serta berkualitas akan terwujud,” tegasnya.

Di sisi lain, Bawaslu juga mengajak peran serta Ormas dalam Pemilu 2024 agar lebih aktif dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya menggunakan hak pilihnya.

“Kami berharap agar masyarakat aktif mengecek status pemilih, apakah telah daftar atau belum sebagai pemilih di Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui infopemilu KPU,” pungkasnya.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut