get app
inews
Aa Read Next : 825 Pendidik PAUD Lakukan Halal bihalal dan Rembug Stunting

Peduli Gizi, PKGM UGM Luncurkan Buku dan Lakukan Studi Evaluasi

Selasa, 05 Desember 2023 | 19:20 WIB
header img
PKM UGM, Sedang memberikan materi tentang Gizi di Desa Wadas. Foto :Anggita/iNewsTemanggung

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Stunting masih menjadi salah satu permasalahan yang menghalangi potensi optimal anak-anak Indonesia. Untuk mendukung pemerintah menurunkan angka stunting, Pusat Kesehatan dan Gizi Manusia, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (PKGM, FK-KMK, UGM ) melakukan studi evaluasi. 

Kegiatan studi yang berlangsung di Desa Wadas tersebut merupakan acara yang kedua kalinya. 

"Kegiatan hari ini merupakan acara yang kedua kalinya. Acara pertama sudah berlangsung tiga bulan lalu", tutur Lintang Ariyanti. 

Project Manager, Lintang, menyatakan bahwa kegiatan yang berlangsung di desa wadas tersebut merupakan Penelitian Studi Evaluasi Analitik dari Dampak Sosialisasi Modul Pencegahan Stunting. 

"Modul yang dibagikan hari ini telah dirancang sejak tahun lalu" tambah Lintang. 

Empat Seri Buku Cegah Stunting yang terdiri dari Pengenalan Stunting pada Keluarga dan Komunitas, Gizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Menu Lokal untuk Bayi 6-11 Bulan, serta Menu Lokal untuk Anak Usia 1-5 Tahun.

Keempat buku tersebut merupakan hasil kerjasama Pusat Kesehatan dan Gizi Manusia, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (PKGM, FK-KMK, UGM ) dengan PT. Sarihusada Generasi Mahardika (SGM).

Dalam rangkaian acara Selasa (05/12/2023), para responden diberikan angket mengenai gizi. Kemudian acara dilanjutkan dengan sarasehan mengenai pemahaman stunting dan siklusnya bersama Lintang Apriyanti dan dilanjutkan dengan penjelasan tentang pemenuhan gizi ibu hamil oleh Fina Cahya. Dalam acara ini juga ditampilkan video interaktif dan tanya jawab mitos atau fakta mengenai kehamilan.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut