get app
inews
Aa Read Next : Peduli Gizi, PKGM UGM Luncurkan Buku dan Lakukan Studi Evaluasi

Genjot Penurunan Stunting, Dinkes Jateng Fasilitasi Penyusunan Dokumen Strakom

Kamis, 11 Mei 2023 | 17:08 WIB
header img
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah memberikan fasilitas pendampingan pencegahan Stunting di Kabupaten Temanggung. Foto: hms/iNewsTemanggung

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus menggenjot penurunan angka Stunting, salah satunya dengan membentuk program Fasilitasi Penyusunan Strategi Komunikasi (strakom) Perubahan Perilaku Percepatan Pencegahan Stunting. 

 

Acara itu digelar di Rumah Makan Arto Moro, Kecamatan Kranggan, Temanggung, Kamis, (11/5/2023).

 

Dalam kegiatan tersebut Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah memberikan pendampingan kepada segenap OPD Pemkab Temanggung yang berhubungan dengan penurunan stunting. 

 

Beberapa peserta yang hadir pada pertemuan itu antara lain Bappeda, Bagian Hukum Setda, DPPPAPPKB, Dinas Kesehatan, Dinkominfo, Dindikpora, Dinpermades, DKPPP serta dari TP PKK, Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung, Ormas, dan lintas sektor terkait lainnya.

 

Pada pertemuan awal, Dinkes Jateng memberikan sosialisasi terkait penyusunan strategi komunikasi. Kemudian para peserta

akan melakukan pertemuan lanjutan guna menyusun dokumen strakom yang terbagi menjadi 6 perilaku kunci pencegahan stunting.

 

Budi Kristianto, selaku Penyuluh Kesehatan Masyarakat Ahli Muda, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan, pertemuan hari ini akan dilanjutkan pada bulan September mendatang, saat Perbub yang memayungi draf dokumen tersebut sudah jadi. 

 

“Pada bulan September akan dilaksanakan pertemuan lanjutan untuk menyusun dokumen strakom. Harapannya draf dokumen strakom dan draf Perbup yang yang akan memayungi dokumen itu sudah jadi. Perbup diperlukan karena dokumen strakom ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Perbup dan bisa dijadikan sebagai perencanaan OPD di Kabupaten Temanggung,” kata Budi. 

 

Selain di Temanggung, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah juga akan melakukan kegiatan tersebut di lima Kabupaten dengan angka Stunting tinggi.

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut