Berikut 6 SMA-SMK Favorit di Temanggung Versi LMPT

M Wali
SMA-SMK favorit di Temanggung. Foto: istimewa

TEMANGGUNG, iNewsTmanggung.id - Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2023-2024, pencarian calon siswa SMA semakin gencar dilakukan. Sebagai salah satu daerah dengan SMA Negeri dan SMK berprestasi, Kabupaten Temanggung di Jawa Tengah juga menjadi salah satu rujukan.

Setidaknya Temanggung memiliki enam besar nama SMA dan SMK yang diberikan oleh LTMPT. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT telah merilis daftar 1000 sekolah terbaik berdasarkan hasil UTBK SBMPTN tahun 2022. Nilai UTBK sendiri digunakan sebagai acuan perguruan tinggi negeri untuk menerima atau menolak calon mahasiswanya.

Alhasil, penggunaan UTBK sebagai acuan pemeringkatan oleh LTMPT juga bisa menjadi jaminan bagi siswa untuk mempertimbangkan SMA, baik SMA maupun SMK, untuk seleksi. Apalagi bagi yang berada di sekitar Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

UTBK atau singkatan dari Ujian Tertulis Berbasis Komputer merupakan ujian yang menjadi syarat wajib bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Secara umum, terdapat beberapa jalur seleksi yang dapat diikuti calon maba seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri.

Pada tahun 2023, akan banyak perubahan jalur seleksi. Perubahan nama dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Ujian (SNBT) merupakan salah satu perubahannya.

Namun, sisi nilai yang digunakan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Akreditasi sekolah atas prestasi dan hasil UTBK tetap menjadi salah satu aspek nilai yang digunakan.

Editor : M Wali

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network