Kesenian Jatilan Merajut Kebersamaan di Rawa Gembongan Temanggung

M Wali
Kesenian Jatilan Temanggung di Wisata Rawa Gembongan. Foto: Doc/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Suasana sore di Wisata Rawa Gembongan Temanggung ramai oleh masyarakat yang berduyun-duyun menyaksikan pertunjukan Jatilan yang diselenggarakan oleh Muhamad Ngainirrichadl, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah. 

Acara tersebut bertajuk ‘Sosialisasi Media Tradisional (Metra) DPRD Provinsi Jateng.’ Dalam gelaran tersebut, ditampilkan kesenian Jatilan 'Turonggo Satrio Muda'. Pada Jum'at, (12/7/2024).

Jatilan adalah salah satu seni tari tradisional yang menggambarkan prajurit berkuda, lengkap dengan kostum dan properti kuda tiruan. Tarian ini sering diiringi musik gamelan dan memiliki unsur magis yang kadang disertai atraksi trance. Kesenian ini sangat populer di berbagai daerah di Jawa Tengah, termasuk Temanggung, dan sering dijadikan sarana untuk menyampaikan pesan-pesan kebudayaan maupun sosial.

Menurut Ahmad Syarif Yahya salah satu narasumber, kesenian memiliki peran penting sebagai perekat dan pemersatu dalam masyarakat plural.

"Kesenian menjadi salah satu momen untuk menyatukan masyarakat yang beragam. Melalui pertunjukan seperti Jatilan ini, kita bisa melihat bagaimana budaya lokal bisa menjadi medium untuk membangun solidaritas dan kebersamaan," ujarnya.

Muhamad Ngainirrichadl menambahkan, Melalui kesenian tradisional seperti Jatilan ini berupaya memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat dalam menyosialisasikan kebijakan-kebijakan penting.

"Acara ini bukan hanya hiburan, tetapi juga sarana edukasi dan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Dengan cara ini, kami berharap pesan-pesan kebijakan dapat lebih mudah diterima dan dipahami oleh masyarakat, ungkapnya. 

Editor : Redaksi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network