get app
inews
Aa Read Next : Gelar Halal Bihalal, RMI NU Jateng Hadirkan Kapolri

Sosok AKBP Ferli Hidayat Baru 9 Bulan Jadi Kapolres Malang, Kini Dicopot Buntut Tragedi Kanjuruhan

Senin, 03 Oktober 2022 | 19:39 WIB
header img
Sosok Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat yang dicopot dari jabatannya buntut tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang. (Foto : Taruna Nusantara)

MALANG, iNewsTemanggung.id - Imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari seratus orang, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot AKBP Ferli Hidayat dari jabatannya sebagai Kapolres Malang

Pencopotan ini tentu terasa menyesakkan. Pasalnya, AKBP Ferli Hidayat baru 9 bulan menjabat sebagai Kapolres Malang. Lantas, siapakah sosok AKBP Ferli Hidayat? Berikut penjelasan selengkapnya.

Kepala Divisi Humas Polri, Dedi Prasetyo menyebut Kapolri memutasi Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat menjadi Pamen SSDM Polri.

"Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dimutasikan jadi Pamen SSDM Polri," kata Kadiv Humas Dedi Prasetyo, Senin (3/10/2022).

AKBP Ferli Hidayat kemudian digantikan oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Putu Kholis Aryana

Siapakah sosok AKP Ferli Hidayat?

Mengutip dari Taruna Nusantara, AKBP Ferli Hidayat lahir di Palembang 3 September 1982. Dia merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara.

AKBP Ferli Hidayat menyelesaikan pendidikan umum di SMA Taruna Nusantara tahun 1998-2001. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian (2001-2004) dengan nama Batalyon Tatag Trawang Tungga.

Pada tahun 2009, Ferli menyelesaikan pendidikan S1 Hukum di Universitas Widya Mataram Yogyakarta, setelah itu lanjut S2 di Univeesitas Diponegoro dan meraih gelar Magister Hukum tahun 2013.


Sosok Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat (kiri) yang dicopot buntut tragedi Kanjuruhan. Foto: iNews/Avirista Midaada.


Awal karir menjadi perwira polisi, Ferli bertugas di Polda Yogyakarta. Untuk terus mengejar cita-citanya menjadi polisi, ia melanjutkan pendidikan kepolisian di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian tahun 2009-2011.


Lulus dari pendidikannya, Ferli ditugaskan untuk mengabdi di almamater Akademi Kepolisian sebagai Kasattar Korbinarsis tahun 2011.

Setelah bertugas di Kasattar Korbinarsis, Ferli bertugas di Polda Kaltim sebagai Paur STNK Ditlantas Polda Kaltim.
Lantaran kinerjanya dinilai baik, Ferli naik jabatan sebagai Kasat Lantas.

Setelah menjadi Kasat Lantas, karir Ferli  makin moncer. Ia bahkan pernah ditarik untuk dinas di Mabes Polri sebagai Kasubbagbungkol Sipripim Mabes Polri.


Sosok Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat yang dicopot dari jabatannya usai tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang. (Foto : Taruna Nusantara)



Pada 24 Januari 2022, Ferli pun mendapat telegram Kapolri nomor ST/166/I/KEP/2022 untuk naik jabatan sebagai Kapolres Malang, menggantikan AKBP Raden Bagoes Wibisono.

Itulah sosok lengkap AKBP Ferli Hidayat, yang kini dicopot Kapolri buntut tragedi Kanjuruhan. 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut