Logo Network
Network

Ini 10 Kabupaten/Kota Terkaya di Indonesia, di Pulau Jawa Hanya Jateng yang Nihil 

M Wali
.
Kamis, 03 November 2022 | 12:37 WIB
Ini 10 Kabupaten/Kota Terkaya di Indonesia, di Pulau Jawa Hanya Jateng yang Nihil 
Kota Terkaya di Indonesia. Foto: Hms/iNewsTemanggung.id

10 Kota Terkaya di Indonesia 

Melansir dari berbagai sumber. BPS menghitung tingkat kemakmuran suatu kota atau wilayah dengan melihat PDRB-nya. Cara menghitung PDRB per kapita adalah menjumlah pendapatan dibagi dengan total penduduk masing-masing daerah dalam kurun waktu satu tahun. Berdasarkan perhitungan PDRB oleh BPS, berikut adalah daftar kota terkaya di Indonesia:

1. Kediri

Kabupaten Kediri Jawa Timur memang memiliki perputaran ekonomi yang pesat. Di sana terdapat PT Gudang Garam Tbk yang telah berdiri sejak tahun 1958 di Kediri, maka tak heran jika kota ini menjadi kontributor Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia berkat adanya industri tembakau. 

Selain itu, industri tembakau juga masuk kategori sektor unggulan dan menjadi alasan mengapa Kediri tercatat sebagai kota terkaya di tanah air.


Kota Kediri jadi kota terkaya pertama di Indonesia.

2. Bontang

Kota terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Bontang yang menduduki peringkat kedua. Terletak di provinsi Kalimantan Timur dan menjadi wilayah yang berorientasi pada perdagangan, industri, dan jasa. Jumlah PDRB per kapita kota Bontang mencapai Rp312,14 juta dan menjadikannya kota terkaya setelah Kediri.

3. Jakarta

Nyatanya Daerah Ibu Kota (DKI) Jakarta tak menjadi kota pertama terkaya di Indonesia. Meskipun disana jadi pusat ekonomi Indonesia. Berdasarkan lampiran data dari BPS, jumlah PDRB per kapita kota Jakarta sebesar Rp260,44 juta.

4. Cilegon

Selanjutnya, Cilegon yang terletak di provinsi Banten menempati posisi keempat sebagai kota terkaya di Indonesia. Jumlah PDRB per kapita kota Cilegon mencapai Rp233,02 juta. Industri yang beragam menjadi sumbangsih besar kota ini menjadi salah satu kota terkaya di Indonesia.

5. Surabaya 

Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini menjadi rangking selanjutnya sebagai kota termakmur di Indonesia. BPS mencatatkan PDRB per kapita sejumlah Rp190,89 juta dan menjadikan Surabaya menduduki posisi lima.

Follow Berita iNews Temanggung di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.