get app
inews
Aa Read Next : Bencana Longsor di Tleter Kaloran, 1 Korban Lansia Tewas Tertimbun

Sebagai Upaya Mencegah Stunting, Mahasiswa KKN Berikan Sosialisasi pada Lansia

Jum'at, 30 Desember 2022 | 14:51 WIB
header img
Mahasiswa KKN INISNU berikan sosialisasi pada lansia. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsTemanggung.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung gelar sosialisasi lansia peduli gizi pada Kamis, (29/12/2022) di Balai Desa Purborejo, Kecamatan Banjasari, Temanggung. 

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan stunting yang sedang digalakkan oleh INISNU Temanggung.

Diketahui sebelumnya bahwa INISNU Temanggung menjadi kampus penggerak pencegahan perkawinan anak dan penurunan stunting di Kabupaten Temanggung.

Kegiatan ini diawali dengan pemeriksaan rutin lansia dalam kegiatan Posyandu Lansia dilanjut dengan sosialisasi lansia peduli gizi.

Sosialisasi bertujuan agar lansia mawas diri untuk menjaga kesehatan dan pola makannya. 

“Semoga dengan diadakan kegiatan sosialisasi ini, kepedulian lansia terhadap gizi semakin meningkat. Apalagi sekarang ini banyak orang tua muda yang menitipkan anaknya, sehingga banyak lansia yang mengasuh balita. Tentunya edukasi melalui sosialisasi ini sangat diperlukan guna pencegahan stunting, terutama di Desa Purborejo ini.” kata Sri Purwati, kader Posyandu Lansia Desa Purborejo.(Nah)

Meskipun kegiatan sosialisasi diadakan bersamaan dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan, namun para lansia cukup antusias. Terbukti dengan keikutsertaan mereka dari awal sampai akhir.

Mereka juga terlihat fokus menyimak penyampaian narasumber baik tentang lansia peduli gizi maupun tentang penyakit tidak menular (PTM).

Di akhir acara, narasumber memberikan beberapa pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan. Lansia yang berhasil menjawab dengan tepat mendapatkan hadiah berupa bingkisan.

“Memang dalam suatu acara, apalagi sosialisasi kurang menarik apabila audiens hanya mendengarkan saja. Perlu ada pencair suasana, ya misalnya pemberian hadiah ini” Ujar Nahdiya, mahasiswa KKN yang juga sebagai narasumber sosialisasi. 

 

Editor : M Wali

Follow Berita iNews Temanggung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut