SEMARANG, iNewsTemanggung.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut pengaduan paling efektif bagi masyarakat adalah di media sosial.
"Kalau media sosial, hampir semua orang familier dan bisa menggunakannya, bahkan mereka bisa langsung memberikan feedback pada kami sebagai bentuk keterbukaan informasi publik," kata Ganjar Pranowo di Semarang, dilansir dari Antara, Kamis (3/11/2022).
Dalam keterbukaan informasi publik saat ini, aduan melalui website menurut Ganjar warga masih minim yang mengerti. Untuk itu, Ganjar meminta jajarannya agar mengoptimalkan media sosial sebagai upaya memberikan keterbukaan informasi publik.
Ganjar juga mendorong semua organisasi perangkat daerah di wilayah pemerintah provinsi jawa tengah agar akun medsosnya centang biru.
"Melalui akun media sosial itulah, OPD menyampaikan rencana dan program kerja mereka sebagai bentuk keterbukaan pada publik, tidak hanya soal informasi. Risikonya, ya, hanya di-bully. Kendati demikian, banyak yang bisa kami selesaikan melalui media sosial ini," ujarnya.
Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum menambahkan bahwa Pemprov Jateng berkomitmen terus mengedepankan keterbukaan informasi publik sebagai salah satu bentuk pelayanan yang prima bagi masyarakat.
"Pimpinan kami mewajibkan, permintaan informasi dan aduan dari masyarakat harus ditindaklanjuti dalam waktu 2 x 24 jam, serta harus cepat, mudah, dan tuntas. Berbagai kanal aduan juga dibuka, bahkan seluruh OPD harus memiliki media sosial yang mudah diakses masyarakat," pungkasnya.
Artikel ini telah diterbitkan oleh Okezone.com dengan judul Ganjar Pranowo Sebut Media Sosial Jadi Tempat Aduan yang Efektif
Editor : M Wali
Artikel Terkait