get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Lonjakan Kasus DBD di Jawa Tengah, 6.421 Kasus dengan 158 Kematian di Awal 2024

Pemprov Jateng Keluarkan Surat Edaran Mitigasi Bencana untuk Antisipasi Ancaman Gempa Megathrust

Minggu, 01 September 2024 | 15:38 WIB
header img
Pemprov Jawa Tengah keluarkan surat edaran terkait mitigasi gempa megathrust. Foto" Hm/iNewsTemanggung.id

SEMARANG, iNewsTemanggung.id - Tiga wilayah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) berisiko terdampak gempa megathrust. Menanggapi hal ini, Pemerintah Provinsi Jateng telah mengeluarkan surat edaran yang berisi pedoman mitigasi bencana.

Dalam surat edaran tersebut, Pemprov Jateng memberikan arahan mengenai langkah-langkah kesiapsiagaan yang harus dilakukan oleh seluruh instansi dan masyarakat terkait potensi ancaman gempa dan tsunami.

Surat Edaran Nomor 360.0/2094 yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, pada 28 Agustus 2024, diterbitkan sebagai tanggapan terhadap informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai zona megathrust di Indonesia.

"Kita sudah melakukan mitigasi."

"Setelah mendapat info dari BMKG, kita langsung membuat surat edaran ke kabupaten/kota agar melakukan mitigasi," kata Sekda Provinsi Jateng, Sumarno usai menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD Jateng,  Jumat (30/8/2024).

Selaian melakukan mitigasi bencana, Ia  berharap,  seluruh masyarakat berdoa agar ancaman bencana gempa dan tsunami tidak terjadi. 

Khususnya masyarakat di beberapa wilayah di Jawa Tengah yang berada di dekat zona gempa megathrust, seperti Kabupaten Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Wonogiri.

Editor : Redaksi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut