KPK Sidak 2 PTN di Jateng Terkait Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

M Wali
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Foto: Tangkapan layar/iNewsTemanggung.id

Menurut Nurul, inspeksi mendadak ini dilakukan karena masih adanya laporan dugaan tindak pidana korupsi dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. Selain itu, banyak pemberitaan terkait manipulasi penerimaan mahasiswa baru yang cukup mengkhawatirkan.

Sebelumnya, pada tahun 2022, KPK juga melakukan operasi tangkap tangan terkait seleksi mahasiswa baru di salah satu perguruan tinggi di Lampung. Setelah tindakan tersebut, KPK melalui fungsi pencegahan dan monitoring, bersama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, telah melakukan berbagai langkah perbaikan.

"Kami menyadari sektor pendidikan memiliki fungsi yang strategis dalam pembangunan sumber daya manusia suatu bangsa. Melalui sektor pendidikan, karakter integritas dan cinta Tanah Air ditanamkan kepada peserta didik mulai dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi," ujar Nurul.

Oleh karena itu, KPK melalui pendekatan edukasi gencar melakukan berbagai upaya sosialisasi, kampanye, dan penyisipan kurikulum pendidikan antikorupsi, serta penguatan integritas di lingkungan kampus.

Nurul berharap perguruan tinggi dapat menjadi mesin pencetak karakter sumber daya manusia yang berintegritas.

Editor : Redaksi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network